Tim Aceh Tracker Jelajah Pegunungan Pulau Breuh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tim Aceh Tracker Jelajah Pegunungan Pulau Breuh

Tim Aceh Tracker Jelajah Pegunungan Pulau Breuh
Foto Tim Aceh Tracker Jelajah Pegunungan Pulau Breuh

BANDA ACEH – Tim Aceh Tracker kembali melaksanakan Ekspedisi Japakeh X. Kali in tim jelajah itu berhasil menaklukkan puncak Gunung Goh Cumoh, di Pulau Breuh Pulo Aceh, Aceh Besar. Tim yang bergerak mulai 22 Mei itu baru berhasil mencapai puncak dengan ketinggian 684,6 mdpl (meter diatas permukaan laut) itu pada Kamis (25/5).

Dalam relis pers Tim Aceh Trecker yang diterima Serambi kemarin disebutkan, di puncak Gunung Goh Cumoh terdapat pilar (tugu beton) ukuran 50 cm x 50 cm x (tinggi) 150 cm. Tim ekspedisi itu terdiri dari Rizki (ketua) serta Rolly Martan, Faljasta Raski, dan Alkautsar sebagai anggota tim.

Disebutkan, setelah menempuh medan jelajah yang terjal dan bebatuan serta melewati tebing yang curam dengan vegetasi hutan rotan, rebung kala dan pohon berlumut, akhirnya tim mencapai Puncak Pilar Gunung Goh Cumoh pada Kamis (25/6) pukul 12.45 WIB. Sedangkan nomor registrasi pilar tersebut tidak dapat diketahui lagi karena plat marmar yang ditempel di salah satu sisi beton sudah hilang.

Pilar beton di puncak ini, sebagaimana yang pernah Aceh Tracker menemukan pada puncak gunung lain di Aceh, di kaki gunung Goh Cumoh juga buatan Belanda. Dari ukiran yang terdapat di kaki bangunan pilar Goh Cumoh diketahui bahwa pilar ini dibuat pada tahun 1936. Tepatnya 12 Des 1936 (12-12-1936) dan tertulis (keterangan) nama, MAAROEF II (II = dua dalam huruf romawi).

Serta terdapat tulisan/ukiran pada salah satu pilar yakni P.139. Ini bisa diartikan merupakan nomor registrasi tugu tersebut seperti di Puncak Hulumasen (P.136), Puncak Seulawah Agam (P.137) dan Puncak Cuplet Bulat (P.138). Pada kawasan pegunungan Goh Cumoh ini juga masih sangat mudah ditemui sekawanan burung Rangkong.

Sebelum operasi ekspedisi dilaksanakan, tim juga berkoordinasi dengan Polsek Pulo Aceh, Camat Pulo Aceh dan Keuchik Gampong Gugop. Saat ini tim sudah berada di Banda Aceh.(rel/mis) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id