Ratusan Rumah di Krueng Barona Jaya tak Layak Huni | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ratusan Rumah di Krueng Barona Jaya tak Layak Huni

Ratusan Rumah di Krueng Barona Jaya tak Layak Huni
Foto Ratusan Rumah di Krueng Barona Jaya tak Layak Huni

BANDA ACEH – Sebanyak 241 rumah yang tersebar dalam 12 desa di Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar tak layak huni. Dari jumlah itu, sebanyak 188 rumah sudah disurvei oleh Tim PUPR untuk mendapatkan bantuan rehab rumah swadaya.

Asisten Kota (Askot) Mandiri 05 Aceh Besar, Maya Keumala Dewi kepada Serambi menginformasikan, jumlah rumah tak layak huni di Kecamatan Krueng Barona Jaya terungkap pada Lokakarya Program ‘Kotaku’ serta sosialisasi Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) IDB Kabupaten Aceh Besar di Aula Bappeda Aceh Besar di Kota Jantho, Selasa (23/5).

Lokakarya diikuti 70 peserta dari perwakilan Satker PKP Provinsi Aceh, perwakilan tenaga ahli OC 1 Aceh, konsultan pendamping program ‘Kotaku’, konsultan Sanimas IDB, jajaran SKPK Aceh Besar, Pokja PKP, camat, perwakilan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dampingan program ‘Kotaku’, konsultan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), dan seluruh keuchik di Kecamatan Krueng Barona Jaya.

Kepala Bappeda Aceh Besar diwakili Kabid Sarpras yang juga perwakilan Pokja PKP Aceh Besar, Fahmi Abduh mengatakan, kegiatan tersebut sebagai mengingatkan kembali terkait kesepakatan berkolaborasi membangun gampong bersama program ‘Kotaku’. Sasaran utama program adalah 100% ketersediaan air minum, 0% wilayah kumuh, dan 100% sanitasi layak atau yang lebih dikenal dengan 100-0-100.

Kabid Sarpras Bappeda Aceh Besar mengungkapkan, hasil baseline 100-0-100 pada 2015 untuk 12 desa di Kecamatan Krueng Barona Jaya memiliki 1.971 jiwa masyarakat berpenghasilan rendah dan 241 rumah tak layak huni.

Selain kondisi Kecamatan Krueng Barona Jaya yang merupakan kecamatan bertetangga langsung dengan Kota Banda Aceh tersebut, Kabupaten Aceh Besar juga memiliki SK Kumuh 2016 yang dikeluarkan bupati terdiri enam kecamatan dengan total luas 190,5 hektare, di mana di dalamnya termasuk juga Kecamatan Krueng Barona Jaya seluas 114,7 hektare.(nas) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id