Jalan Utung-Utung Segera Diperbaiki | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jalan Utung-Utung Segera Diperbaiki

Jalan Utung-Utung Segera Diperbaiki
Foto Jalan Utung-Utung Segera Diperbaiki

* Batu Besar Masih Menggantung

TAKENGON – Jalan di kawasan Untung-Untung, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah yang merupakan jalan nasional Takengon-Bintang akan segera diperbaiki. Batu besar yang berada di atas perbukitan masih menggantung, sehingga dapat mengancam keselamatan pengendara, terutama warga yang akan mudik lebaran 1438 H.

Jalan yang rawan longsor itu telah ditinjau oleh tim dari Kementrrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Balai Besar Jalan Nasional I, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah Aceh, Jumat (26/6). Longsor yang terjadi pada 22 April 2017 lalu di ruas jalan itu sempat menyebabkan jalan ditutup.

Penanganan secara darurat telah dilakukan, namun terdapat beberapa bongkahan batu besar yang masih tersangkut di tebing jalan. Sehingga kondisi ruas jalan di bagian utara Danau Lut Tawar itu, masih sangat rentan tertutup kembali.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah, M Thamrin Elasri, kepada Serambi, Jumat (26/5) mengatakan turunnya tim tersebut untuk melakukan pengkajian terkait penanganan ruas jalan di kawasan Utung-Utung. “Kita berharap, penanganan jalan di Utung-Utung bisa segera dilakukan, agar pengendara bisa melintas dengan aman,” katanya.

Dia menyebutkan, kajian yang dilakukan oleh tim tersebut untuk melihat penanganan yang akan dilakukan, sekaligus memperbaiki ruas jalan untuk mengantisipasi hal serupa tidak terulang lagi. “Mereka sedang menganalisis serta menyusun program untuk penanganannya, termasuk biaya perbaikan,” kata Thamrin.

Menurut dia, M Thamrin Elasri, penanganan ruas jalan Utung-Utung tersebut, dimungkinkan akan dilakukan dengan cara peledakan batu besar yang masih tersangkut di tebing jalan. Peledakan bongkahan batu itu direncanakan akan dilakukan oleh pihak Hyundai. “Hyundai yang melakukan peledakan, karena mereka yang punya alat, serta untuk izin peledakan masih dalam proses pengkajian,” ujarnya.

Ruas jalan yang menghubungkan antara Kota Takengon menuju Kecamatan Bintang, bahkan menjadi akses menuju Kabupaten Gayo Lues itu, sebelumnya sempat terputus lantaran tertimbun tanah longsor pada 22 April 2017. Musibah tanah longsor tersebut, juga menelan korban jiwa dengan meninggalnya seorang warga yang sedang memancing serta melukai beberapa pengendara yang melintas.

Ruas jalan yang berada di bagian utara Danau Lut Tawar itu, selain akses menuju Kecamatan Bintang, juga menjadi jalur utama ke beberapa objek wisata yang ada di seputaran Danau Lut Tawar.

Kondisi saat ini, ruas jalan tersebut, memang sudah bisa dilalui, tetapi masih rawan lantaran adanya bongkahan batu besar yang tersangkut di tebing jalan. Meski telah diupayakan untuk dibersihkan, tetapi tidak berhasil karena kondisi batu sulit untuk dipindahkan.(my)

rencana perbaikan
* Tim PUPR diturunkan
* Bersama Balai Besar
* Kajian terus dilakukan
* Batu akan diledakkan
* Izin masih dalam proses
* Hyundai jadi pelaksana (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id