UIN Gelar Testing Calon Mahasiswa Timur Tengah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

UIN Gelar Testing Calon Mahasiswa Timur Tengah

UIN Gelar Testing Calon Mahasiswa Timur Tengah
Foto UIN Gelar Testing Calon Mahasiswa Timur Tengah

BANDA ACEH – Sebanyak 217 calon mahasiswa yang akan kuliah di Timur Tengah, yaitu Mesir, Sudan, Maroko dan Lebanon, Kamis (24/5) mengikuti testing yang digelar UIn Ar-Raniry di Auditorium Prof Ali Hasjmy.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr H Farid Wajdi Ibrahim MA usai memberikan arahan kepada peserta ujian mengatakan, program penerimaan mahasiswa baru untuk melanjutkan pendidikan di Timur Tengah ini merupakan penghargaan yang luar biasa dari Kementerian Agama RI untuk putera-puteri Indonesia.

“Pengiriman mahasiswa ke Timur Tengah tersebut merupakan tindak lanjut kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan keempat Negara di Timur Tengah tersebut, mereka akan mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah,” ujarnya.

Farid menyebutkan, dari 56 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di seluruh Indonesia, hanya 11 kampus yang dipilih sebagai tuan rumah yang dipercayakan meseleksi calon mahasiswa tersebut, ditambah satu pondok pesantren Darussalam Gontor.

Wakil ketua pelaksana untuk UIN Ar-Raniry, Syahminan MAg mengatakan, pelaksanaan ujian secara serentak di seluruh Indonesia berlangsung sehari. Materi testing yaitu, Tata bahasa dan Insyak, selanjutnya pengetahuan agama Islam yang juga menggunakan bahasa Arab. Sesi ke dua ujian lisan meliputi percakapan, terjemahan dan pemahaman teks dan hafalan ayat Alquran minimal dua juz.(rel/mis) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id