Enam Nelayan Bebas di Hari Meugang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Enam Nelayan Bebas di Hari Meugang

Enam Nelayan Bebas di Hari Meugang
Foto Enam Nelayan Bebas di Hari Meugang

MEULABOH – Enam nelayan Aceh Barat yang menjalani hukuman penjara dalam perkara penggunaan alat tangkap ikan jenis trawl (pukat harimau) di Lembaga Permasyarakatan (LP) Meulaboh, Kamis (25/5) dinyatakan bebas atau bertepatan dengan hari meugang menyambut bulan Ramadhan. Mereka telah menjalani hukuman 2 bulan penjara dan denda Rp 500 ribu subsider 1 bulan kurungan.

Enam nelayan pada Kamis kemarin dijemput oleh keluarga masing-masing adalah M Mizar (34), Aliman (52), Erfin (36), Baktiar (37), Yuli Saputra (31) dan M Din (56). Isak tangis mewarnai kepulangan kembali enam nelayan tersebut ke rumah mereka yang sudah dua bulan terakhir ditahan. “Tadi pagi (Kamis kemarin) sudah bebas,” kata Koordinator LBH Pos Meulaboh Herman SH kepada Serambi, kemarin.

Herman yang juga penasehat hukum keenam terpidana menyatakan keenam nelayan tersebut telah menjalani hukuman dua bulan penjara. Sedangkan denda Rp 500 ribu dibayar pada pelaksanaan eksekusi yang dilakukan setelah perkara berkekuatan hukum tetap (inkrah).

Seperti diberitakan Pengadilan Negeri (PN) Meulaboh menjatuhi hukuman penjara terhadap enam nelayan Aceh Barat pada Jumat pekan lalu masing-masing 2 bulan penjara, lebih rendah dari tuntutan jaksa 3 bulan penjara.(riz) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id