IAIN Langsa Buka Program S2 | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

IAIN Langsa Buka Program S2

IAIN Langsa Buka Program S2
Foto IAIN Langsa Buka Program S2

LANGSA – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Rabu (24/5) melaunching Program Pascasarjana (S2). Program magister itu memiliki tiga jurusan yaitu Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam, dan Pendidikan Agama Islam. Penyelenggaraan program magister itu sesuai dengan izin Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 2853 Tahun 2017 tanggal 21 Mei 2017.

Pembukaan program S2 itu ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Dirjen Pendidikan Islam oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI, Prof Dr H Nur Syam MSi kepada Rektor IAIN Langsa, Dr H Zulkarnaini Abdullah MA, di kampus itu, Rabu (24/5).

Pada kesempatan yang sama, Prof Nur Syam juga meresmikan perpustakaan dan gedung kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN itu. Hadir juga Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM dan unsur Forkopimda plus setempat.

Nur Syam dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Rektor dan segenap civitas akademika IAIN Langsa yang sudah mendapat izin operasional penyelenggaraan progam magister tersebut. “Dengan adanya program studi ini, putra Langsa khususnya dan Aceh umumnya sudah bisa melanjutkan pendidikan di IAIN Langsa,” ungkap Prof Nur Syam.

Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, merasa bahagia dan bangga dengan hadirnya Sekjen Kemenag RI untuk meresmikan program magister IAIN Langsa yang sudah lama dinantikan semua pihak.

“Kota Langsa baru bisa dibangun jika berbasiskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu, kehadiran dan peran dari lembaga perguruan tinggi sangat dibutuhkan,” imbuh Marzuki Hamid.

Hasil Perjuangan
Melelahkan
Rektor IAIN Langsa, Dr H Zulkarnaini Abdullah MA, mengatakan, IA bersama civitas akademika mengatakan, proses penegerian, peralihan status dari STAIN ke IAIN, dan penyelenggaran program magister di kampus itu merupakan hasil dari perjuangan yang melelahkan dan membutuhkan waktu yang panjang. “Keberhasilan ini juga berkat upaya dari teman-teman di kampus,” ujarnya.

Dengan terbitnya izin penyelenggaraan pascasarjana itu, menurut Zulkarnaini, putra putri Kota Langsa dan sekitarnya tak lagi harus belajar keluar daerah seperti Medan atau Banda Aceh. “Sebelumnya teman-teman menanyakan kapan mereka bisa kuliah S2 tanpa harus pergi ke Banda Aceh, Medan atau daerah lain. Tapi, hari ini semua itu sudah terjawab,” pungkas Rektor.(zb) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id