BPJS Kesehatan Akui  belum Bayar Klaim | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

BPJS Kesehatan Akui  belum Bayar Klaim

BPJS Kesehatan Akui  belum Bayar Klaim
Foto BPJS Kesehatan Akui  belum Bayar Klaim

KEPALA Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Rujukan (NPKR) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Aceh, Cut Nova Rita mengakui, pihaknya baru membayar usulan klaim berobat untuk bulan Januari 2017 pada 15 Mei 2017 lalu. Sedangkan tiga bulan lagi belum dibayar, karena data klaim berobatnya masih dalam tahap verifikasi.

Untuk mempercepat verifikasi data klaim berobat pasien JKN dan JKA/JKRA di RSU Meuraxa, kata Cut Nova Rita kepada Serambi di Banda Aceh kemarin, pihaknya sudah pernah mengajukan sistem verifikasi baru yang diberi nama sistem “vedika” kepada pihak manajemen RSU Meuraxa. Verifikasi data dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Aceh.

Sistem ini, menurut Cut Nova, sudah dipraktikkan di sebuah rumah sakit swasta di Medan, Sumatera Utara, dan hasilnya cukup baik. Setiap bulan bisa dilakukan pembayaran klaim berobat yang diajukan rumah sakit kepada BPJS Kesehtan, tepat waktu.

Namun, kata Cut Nova, surat yang disampaikan BPJS Kesehatan kepada RSU Meuraxa dan kepada RSU lainnya di Aceh belum dijawab. Padahal, beberapa rumah sakit di Aceh sudah memiliki prasarana dan sarana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan sistem vedika tersebut, termasuk RSU Meuraxa yang IT-nya sudah cukup bagus. Sekarang ini tinggal kemauan dari pihak manajemen RSU-nya saja.

“Kalau pihak manajemen RSU setuju, kita siap melakukannya, agar bulan depan tidak ada lagi tunggakan pembayaran klaim berobat dari BPJS Kesehatan kepada pihak rumah sakit, seperti yang terjadi sekarang ini, sering terlambat,” aku Cut Nova Rita.

Ia tambahkan, untuk menyahuti keluhan pihak rumah sakit umum (RSU) tentang tarif klaim berobat yang dibuat Menkes yang digunakan BPJS Kesehatan untuk membayar klaim berobat RSU masih rendah, sejak 26 Oktober 2016 lalu sudah ada penyesuian tarif klaim berobat untuk rumah sakit. 

Permenkes Nomor 64 Tahun 2016 telah menyesuaikan beberapa item klaim berobat yang masih rendah, dinaikkan sedikit dan yang terlalu besar diturunkan. Hal itu dilakukan untuk keseimbangan penerimaan RSU. Besarannya bervariasi, antara item tindakan medis yang satu dengan yang lainnya. (her)        (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id