Sejumlah Ulama Aceh Sambut Ramadhan di Tanah Suci | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Sejumlah Ulama Aceh Sambut Ramadhan di Tanah Suci

Sejumlah Ulama Aceh Sambut Ramadhan di Tanah Suci
Foto Sejumlah Ulama Aceh Sambut Ramadhan di Tanah Suci

ARAB SAUDI – Sejumlah ulama pimpinan Dayah dan dosen di Aceh menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1438 H, di Tanah Suci Mekkah Al Mukarramah di Saudi Arabia yang dimulai pada, Sabtu 27 Mei 2017.

Kedatangan para ulama bersama sebanyak 332 jamaah umrah lainnya ke Tanah Suci ini difasilitasi oleh Istiqlal Travel pimpinan H. Khairul Ambia yang beralamat di Jl Ayah Hamid depan Masjid Al Makmur Lamprit, Banda Aceh.

Para ulama yang menyambut Ramadhan di Mekkah Al Mukarramah, antara lain Tgk H Nuruzzahri Yahya (Waled Nu) pimpinan Dayah Ummul Ayman Samalanga, Tgk Husaini A Wahab (Waled Husaini Seulimuem) Drs Tgk H Daud Hasbi pimpinan Dayah Jeumala Amal, Tgk H Sirajuddin pimpinan Dayah Babussalam Aceh Utara, Tgk H Baihaqi Yahya pimpinan Dayah Malikussaleh Aceh Utara, Abon Armansyah, Abi Hamid Idi, Tgk Tajuddin Lueng Ie, Abi Lampisang, Abati Tarmizi, Abu Sabirin Makam Pahlawan, Tgk H Sya’ya Arongan, Tgk H Asbahani Arongan, Tgk H Sirajuddin Saman MA, Tgk H Amar Mukhtar, Waled Djafar Tangse, Waled Abu Bakar Beureunuen, dan lainnya.

Sementara dari kalangan dosen antara lain yaitu Dr Fauzi Saleh MA, Ustaz M Thabri Lc, Ustaz Hatta Rajawa Lc, Dr Lukmanul Hakim dekan Fakultas Ushuluddin, Muslim Zainuddin wakil dekan FISIP, dan belasan akademisi lainnya.

“Kita merancang program umrah di bulan Ramadhan karena memiliki banyak kelebihan. Sebagaimana disabdakan Rasulullah Saw, bahwa umrah di bulan Ramadhan itu seperti Haji bersama Rasulullah, “ ujar Tgk Khairul Ambia. Ia menambahkan, program umrah dan menyambut Ramadhan di Tanah Suci ini sudah diprogramkan pihaknya sejak beberapa bulan sebelumnya.

Sosialisasi program umrah di bulan Ramadhan ini digencarkan pihak Istiqlal Travel dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan silaturahmi, iklan di media massa, dan jalur-jalur lainnya. “Alhamdulillah seperti harapan kami, program ini mendapat dukungan sangat baik dari kalangan ulama, dosen dan masyarakat Aceh lainnya yang dibuktikan dengan banyaknya yang mendaftarkan diri mengikuti program ini, “ kata Khairul.

Tgk. Ambia menuturkan, pihaknya dalam memfasilitasi pelaksanaan ibadah umrah di bulan Ramadhan sangat memperhatikan aspek kenyamanan ibadah para jamaah yang diutamakan, sehingga betul-betul memiliki manfaat dunia dan akhirat.

Tgk. Ambia melanjutkan, seluruh jamaah Istiqlal Travel ini sudah berangkat ke Saudi Arabia via bandara Kuala Namu Medan pada Senin siang tanggal 22 Mei 2017 dengan menggunakan Pesawat Saudia Airlines. Selain 332 jamaah ini, kata Tgk. Ambia, juga terdapat satu rombongan lain yang akan berangkat pada tanggal 31 Mei bersama Abu Tumin Blang Blahdeh.

Setelah beberapa hari di Madinah, hari Jumat tanggal 26 Mei jamaah mulai berangkat dari Madinah ke Mekkah untuk menyambut bulan Suci Ramadhan sekaligus melaksanakan shalat tarawih malam pertama di Masjidil Haram.

Selama di Mekkah, menurut Tgk Ambia, para jamaah akan dibantu oleh sejumlah mahasiswa Aceh yang kuliah di Arab Saudi sehingga betul-betul bisa memanfaatkan kesempatan untuk lakukan ibadah umrah dan ibadah lainnya dengan bimbingan para ulama dan ustadz-ustadz lainnya.

“Kita berharap jamaah umrah di bulan Ramadhan ini betul-betul fokus sehingga akan mendapatkan pahala ‘seperti Haji bersama Rasulullah Saw’ yang disebutkan dalam hadis,” ujar Khairul Ambia

Direncanakan, para jamaah akan berada di Tanah Suci hingga tanggal 31 Mei 2017. Artinya jamaah akan berpuasa dan tarawih di Masjidil Haram. “Malam tanggal 30 Mei jamaah Istiqlal Travel ini akan kembali ke Aceh dengan pesawat Saudia Airlines. Lalu rombongan jamaah Istiqlal Travel berikutnya, bersama Abu Tumin juga akan menuju Tanah Suci pada tanggal 30 Mei 2017, “ pungkas Tgk. H. Khairul Ambia. (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id