Sambut Ramadhan dengan Penuh Kesyukuran | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Sambut Ramadhan dengan Penuh Kesyukuran

Sambut Ramadhan dengan Penuh Kesyukuran
Foto Sambut Ramadhan dengan Penuh Kesyukuran

Jika mengacu kepada kalender atau almanak tahun hijriah, Sabtu (27/5) besok, adalah awal dari Bulan Ramadhan tahun 1438 Hijriah. Namun semua itu akan dipastikan melalui kepastian munculnya hilal, pada petang hari ini.

Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh seluruh ummat Islam di muka bumi, karena menjadi penghulu dari segala bulan. Bagaimana tidak, Allah SWT telah menjanjikan, barang siapa yang bersukacita–terutama dari sisi bathin–dengan masuknya Bulan Ramadhan, niscaya Allah haramkan tubuhnya masuk dalam api neraka atau bahkan disentuh api neraka sekalipun.

Begitu mulianya Bulan Ramadhan, Rasulullah Muhammad SAW, dalam sebuah khutbah menjelang Ramadhan, seperti termuat dalam kitab Shahih Ibnu Khuzaimah, Sunan Al Baihaqi dan Ibnu Hayyan mengatakan, Wahai manusia! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yang paling utama.

Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah. Memohonlah kepada Allah Rabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci, agar Allah membimbingmu untuk melakukan shiyam dan membaca Kitab-Nya.

Begitu agung dan bertaburnya garansi rahmat Allah kepada ummatNya di bulan Ramadhan. Karena itu sia sialah bagi kita yang melihat Ramadhan sekadar tanggal dan waktu yang bergulir seperti hari hari sebelumnya. Seperti diungkapkan Rasulullah, celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini.

Ramadhan adalah kancah membentuk kepribadian, menanamkan sikap untuk saling berbagi, serta menjadi bulan untuk mencuci atau membasuh semua kesalahan dan khilaf yang mungkin disengaja atau tidak.

Sebagaimana kita ketahui, Ramadhan, bagi umat Islam adalah jalan yang dibuka oleh Allah untuk mendapat rahmah, maghfirah dan akhirnya memperoleh titel itqun minannar atau bebas dari api neraka. Lebih dari itu, barang siapa yang membaguskan akhlaknya di Bulan Ramadhan, ia akan berhasil melewati sirathal mustaqim pada hari ketika kaki-kaki tergelincir.

Karenanya, bagi umat Islam, sangat lah naif jika mengabaikan rangkaian ganjaran pahala yang telah dipastikan oleh Allah Yang Maha Pengampun, selama kita meniti detik detik bergulirnya Bulan Ramadhan.

Berkaca dari rangkaian super istimewanya Bulan Ramadhan, kita berharap semua kaum muslim menyambut kedatangan bulan Ramadhan 1438 H dengan penuh rasa kesyukuran serta berusaha dengan sungguh-sungguh untuk menunaikan ibadah puasa (shaum) Ramadhan.

Marilah kita mengisi bulan suci Ramadhan dengan kegiatan ibadah dan aktifitas keseharian yang sesuai dengan syiar Ramadhan, seperti pembinaan akidah umat melalui majelis ta’lim atau sejenisnya.

Kita berharap, semua pihak menghargai kesucian Bulan Ramadhan, dengan tidak melakukan hal hal yang kontra produktif, seperti melakukan transaksi jual beli makanan di siang hari. Karena hal itu sama dengan menodai ‘aura’ Ramadhan yang tentu bisa memancing hal hal yang tak diinginkan.

Terakhir, mari kita jadikan Ramadhan sebagai momentum untuk lebih mempertautkan hati, meningkatkan dan memperkukuh tali silaturrahim mulai dari keluarga hingga seluruh ummat Islam. Marhaban Ya Ramadhan! (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id