Penyaluran Sertifikasi Guru Tuntas Ramadhan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Penyaluran Sertifikasi Guru Tuntas Ramadhan

Penyaluran Sertifikasi Guru Tuntas Ramadhan
Foto Penyaluran Sertifikasi Guru Tuntas Ramadhan

BANDA ACEH – Dinas Pendidikan Aceh mengharapkan penyaluran dana tunjangan sertifikasi guru SMA/SMK bisa tuntas dalam awal bulan Ramadhan 2017. “Sampai saat ini memang baru 227 tenaga pendidik dari 5.013 guru yang sudah selesai proses dan sudah bisa mencairkan dana sertifikasinya,” kata Kepala Seksi Kesejahteraan dan Perlindungan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Aceh, Rahadian SE kepada Serambi, Selasa (23/5) kemarin.

Sementara 370 guru SMA/SMK lainnya, tambah Rahadian yang juga PPTK Sertifikasi Guru masih dalam tahap proses akhir. “370 guru tersebut, kita harapkan bisa menerima tunjangan sertifikasinya sebelum masuk bulan Ramadhan,” harapnya.

Kecuali itu, honor guru berkinerja alias guru kontrak juga diharapkan bisa tuntas sebelum Idul Fitri. “Tim Dinas Pendidikan Aceh juga saat ini terus bekerja keras untuk menyelesaikan administrasi keduanya sekaligus,” ujar Rahadian.

Sedang menyangkut penyebab terjadi kelambanan penyaluran dana sertifikasi guru dan tenaga kependidikan lainnya, Rahadian mengaku salah satunya karena proses SK di Ditjen GTK Kemdikbud tidak turun serentak.

“Namun, saat ini proses SK dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah selesai. Kita sudah menerima 11 SK Penetapan untuk 5.013 guru penerima sertifikasi,” kata Rahadian yang akrab disapa dengan panggilan Pipi.

Pada bagian lain mantan Kasi Data Bidang Bina Program Dinas Pendidikan Aceh itu mengatakan, untuk menyalurkan dana sertifikasi, pihaknya masih harus menunggu surat pernyataan dari kepala sekolah. “Surat Pernyataan kepala sekolah inilah yang menyatakan guru yang bersangkutan benar mengajar 24 per minggu dan berhak untuk menerima tunjangan sertifikasi. Insya Allah, jika surat tersebut sudah ada, kita langsung memproses,” katanya.

Diakui, memang banyak kepala sekolah yang sudah mengirim Surat Pernyataan. Tapi, sayangnya tabel surat pernyataan tersebut dikirim dalam softcopy dan umumnya dalam bentuk PDF. Karena tabel dalam bentuk PDF, pihak Dinas Pendidikan Aceh terpaksa harus mengetik ulang daftar nama-nama penerima tunjangan sertifikssi tersebut. “Dan target kami, bisa menyelesaikan seluruhnya dalam bulan Ramadhan dan uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan Idul Fitri,” katanya.(sir) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id