Penandatanganan Komitmen Antara BPJS Kesehatan dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Penandatanganan Komitmen Antara BPJS Kesehatan dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut

Penandatanganan Komitmen Antara BPJS Kesehatan dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut
Foto Penandatanganan Komitmen Antara BPJS Kesehatan dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut

* Wilayah Kantor Cabang Meulaboh

Nagan Raya (15/05/2017) – Dalam rangka meningkatkan hubungan kemitraan dan komunikasi antara BPJS Kesehatan dan stakeholder termasuk Fasilitas Kesehatan (Rumah Sakit), BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh menggelar Pertemuan dengan Manajemen Rumah Sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh (RSUD Cut Nyak Dhien, RSUD Nagan Raya, RSUD Teungku Pekan, RSUD Simeulue, RSUD Teuku Umar, RSUS Harapan Sehat dan RSUS Montella), yang bertempat di Hotel Grand Nagan Kabupaten Nagan Raya (15/05).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan hubungan kemitraan dan meningkatkan rasa kepercayaan antara BPJS Kesehatan dan stakeholder. Pelaksanaan kegiatan ini juga bermaksud agar tercapainya peningkatan kerjasama fasilitas kesehatan (faskes) dan menjadi sarana diskusi, berbagi pengalaman dan mencari solusi atas permasalahan- permasalahan terkait pelaksanaan JKNKIS serta mendapatkan masukan positif tentang pelaksanaan JKN-KIS.

Dalam pertemuan tersebut terdapat beberapa poin penting yang dibahas serta menjadi komitmen bersama yang disepakati dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, yakni pihak Rumah Sakit bersedia memberikan layanan kesehatan yang sesuai dengan standar yang berlaku dan mengacu pada prinsip kendali mutu kendali biaya serta mematuhi dan melaksanakan seluruh Regulasi yang berlaku terkait Rumah Sakit dan pelaksanaan JKN-KIS. Dalam hal ini keberhasilan programJKN-KIS tidak bisa lepas dari dukungan faskes tingkat lanjutan selaku mitra kerja BPJS Kesehatan, sehingga perlu terus ditingkatkan peran dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ditahun ini BPJS Kesehatan juga akan mengimplementasikan aplikasi INFINITYSatu dimana pasien yang berobat ke Rumah Sakit akan direkam sidik jari dan foto wajahnya, sehingga untuk selanjutnya apabila berobat ulang cukup hanya membawa kartu JKN saja tanpa harus menunjukkan lagi identitas tambahan lain seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarganya sehingga diharapkan akses pelayanan akan lebih cepat dan penyalahgunaan kartu JKN bisa dihindari.

Selain itu pihak Rumah Sakit juga berkomitmen dalam menjamin tidak adanya Iur Biaya dan Depositserta memastikan tidak akan ada biaya tambahan rujukan parsial yang dibebankan ke pasien JKNKIS. Terkait persoalan ketersediaankamar, Rumah Sakit akan memberikan informasi berupa display ketersediaan kamar dan tempat tidur Rumah Sakit dan ditambah dengan penyediaan Pelayanan Informasi dan Keluhan bagi pasien JKN-KIS sehingga diharapkan masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi serta menyampaikan keluhan-keluhan yang mereka rasakan.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan tentang Pemantapan Program Rujuk Balik ke Faskes Primer dan Program Pemberian Obat Kronis bagi peserta yang mengidap penyakit kronis. Melalui pertemuan ini diharapkan untuk terus dapat meningkatkan koordinasi antara BPJS Kesehatan engan pihak Rumah Sakit khususnya dalam hal menemukan solusi terbaik untuk kepentingan bersama terhadap permasalahan yang dihadapi dikemudian hari dan akan memberikan dampak yang positif terhadapperubahan kearah yang lebih baik dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi pasien JKN-KIS disetiap Rumah Sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id