Kala Doto Zaini Mengutip Sampah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kala Doto Zaini Mengutip Sampah

Kala Doto Zaini Mengutip Sampah
Foto Kala Doto Zaini Mengutip Sampah

URI.co.id, BANDA ACEH – Selasa (23/5/2017) sore, Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dipenuhi oleh pengunjung.

Seperti biasanya, masyarakat ingin menikmati suasana baru masjid raya, terlebih setelah peresmian 12 unit payung elektrik oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla pada 13 Mei lalu.

Namun di tengah kuruman masyarakat,tiba-tiba datang Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah. Ia ikut nimbrung di tengah keramaian dan beramah tamah.

Kedatangannya kali ini bukan dalam dinas ataupun inpeksi mendadak. Sama dengan masyarakat umumnya, ia ingin menikmati waktu sore di Masjid Raya.

Abu Doto, panggilan akrab Zaini Abdullah, sangat menikmati keindahan panorama masjid raya dipenghujung hari itu.

Zaini merasa bangga dengan wajah Masjid Raya saat ini. Ini tidak terlepas dari sentuhan tangan dinginnya yang melakukan pengembangan leandcape dan infrastruktur masjid.

Ia berharap masjid kebanggaan masyarakat Aceh itu tidak hanya sebagai rumah ibadah, tapi juga menjadi pusat berbagai kajian Islam di Aceh dan Indonesia.

“Selaku muslim yang baik, kita tidak hanya harus memakmurkan masjid,” katanya.

Sambil menunggu magrib, ia mengelilingi pelataran masjid yang kini sudah bermarmer. Sambil melangkah, mata Abu Doto terus memperhatikan ke setiap sudut lantai untuk memastikan tidak ada sampah atau puntung rokok.

Benar saja, ia menemukan puntung rokok dan gelas air mineral di dekat kolam yang berada di tengah halaman masjid.

Melihat berseraknya sampah dan puntung rokok, ia pun langsung jongkok dan memungutnya dengan tangan tanpa alas. Satu per satu sampah diambilnya.

Beberapa masyarakat yang melihat kemudian ikut serta. Mereka ikut mengutip sampah. Bahkan dari celah gorong-gorong di kolam masjid.

“Masjid harus selalu bersih dan rapi. Apalagi Ramadhan tinggal menghitung hari. Ayo sama-sama kita jaga masjid ini,” ujar Zaini sambil memungut sampah.

Ia mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan, apalagi Masjid Raya merupakan ikon Aceh di mata dunia.   (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id