Gurdacil Pertanyakan Tunjangan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gurdacil Pertanyakan Tunjangan

Gurdacil Pertanyakan Tunjangan
Foto Gurdacil Pertanyakan Tunjangan

MEULABOH – Guru daerah terpencil (Gurdacil) di Kabupaten Aceh Barat mempertanyakan dana tunjangan yang hingga kini belum cair selama 2017. Padahal Gurdacil yang mencapai ratusan orang berharap dana bersumber dari pusat tersebut dapat segera dicairkan dalam waktu dekat terlebih akan menyambut meugang Ramadhan.

Beberapa guru kepada Serambi, Senin (22/5) mengatakan persoalan ini sudah pernah disampaikan kepada pihak terkait. Apalagi tunjangan untuk Gurdacil daerah lain di Aceh sudah cair beberapa bulan lalu. “Informasi kami peroleh malah dana yang akan dibayarkan dari pusat sudah ditransfer ke daerah,” kata Rakibah, guru SDN Kubu Capang didampingi Karim, guru SMPN 5 Kaway XVI dan Ali Suid, guru SD Paya Baro. Menurut Rakibah dana tersebut biasanya dibayarkan triwulan yakni Januari-Maret.

Namun hingga Mei 2017 belum ada tanda-tanda kapan dicairkan. “Padahal kami berharap sebelum meugang Ramadhan dapat cair,” ungkapnya. Ia berharap dana yang sudah ditunggu guru tersebut segera dibayarkan dalam waktu dekat. Terlebih keberadaan dana itu dapat menunjang kerja guru di daerah terpencil.

Kadis Pendidikan Aceh Barat Zulkarnain SPd kepada Serambi kemarin mengatakan pencairan tunjangan guru terpencil masih menunggu data terbaru yang masih dalam proses verifikasi oleh tim. Menurut Zulkarnain pada data awal ada terjadi sejumlah kejanggalan dan penerima ada yang tidak tepat. Menurutnya verifikasi data dilakukan di tiga kementerian yakni Bappenas, Kementerian Daerah Tertinggal dan Kementerian Pendidikan. Data tersebut akan menjadi dasar Dinas Pendidikan Aceh Barat ke depan dalam menyalurkan tunjangan guru terpencil. “Untuk dana benar sudah masuk ke kas daerah. Tapi kita masih menunggu data hasil verikasi ulang,” katanya.(riz) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id