FK Layak Jadi Pusat Pendidikan Jantung | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

FK Layak Jadi Pusat Pendidikan Jantung

FK Layak Jadi Pusat Pendidikan Jantung
Foto FK Layak Jadi Pusat Pendidikan Jantung

BANDA ACEH – Apabila disetujui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) RI, maka Aceh akan menjadi sentra ke-13 pendidikan spesialis jantung dan vaskuker di Indonesia. Hal itu disampaikan Ketua Perkumpulan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (Perki) Pusat, dr Ismoyo Suno SpJP, FIHA saat meninjau kesiapan FK Unsyiah Darussalam, Banda Aceh, menjadi pusat pendidikan spesialis jantung, Senin (22/5).

Menurut Ismoyo, jumlah dokter jantung di Aceh saat ini masih sangat kurang: 1 dokter untuk 500 ribu penduduk, sedangkan standar nasional 1:250 penduduk. Butuh waktu 12 tahun lagi bagi Indonesia untuk bisa menyamai Malaysia dalam hal rasio ideal antara jumlah dokter jantung dengan penduduk. “Salah satu cara untuk mencapai ini memperluas sentra pendidikan. Harapan saya Aceh harus segera menjadi pusat pendidikan demi membantu mencetak para dokter jantung di Indonesia,” kata Ismoyo.

Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Prof Dr dr Sukman Tulus SpA-(K) yang juga ikut dalam kunjungan itu, sangat yakin Aceh mampu menjadi salah satu sentra pendidikan spesialis jantung di kawasan barat Indonesia, mengingat fasilitas Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) yang lengkap dan juga terakreditasi “paripurna”.

Ketua Tim Pengembangan FK Unsyiah, Dr dr Mohd Andalas SpOG kepada Serambi menjelaskan, tim dari Jakarta itu tiba di Banda Aceh, Minggu (21/5) dan langsung melihat fasilitas rumah sakit dan dukungan dari rumah sakit maupun pemerintah daerah terhadap pendidikan spesialis jantung tersebut.

Menurutnya, untuk tahap awal gagasan itu harus mendapat dukungan dari kolegium ilmu kedokteran, dan ini sudah diperoleh FK Unsyiah. Sekarang tinggal menunggu penilaian lapangan dari Kolegium Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). “Sepulang dari Aceh, akan ada rapat tim KKI yang anggotanya 17 orang di Jakarta. Nah, atas dasar kunjungan dan rekom KKI barulah dikeluarkan surat persetujuan oleh Dirjen Dikti untuk membuka program studi pendidikan spesialis jantung di FK Unsyiah,” kata Andalas. (dik) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id