9.459 Peserta UM-PTKIN Pilih UIN Ar-Raniry | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

9.459 Peserta UM-PTKIN Pilih UIN Ar-Raniry

9.459 Peserta UM-PTKIN Pilih UIN Ar-Raniry
Foto 9.459 Peserta UM-PTKIN Pilih UIN Ar-Raniry

* 22 Mei Lihat Lokasi, 23 Mei Testing

BANDA ACEH – Sebanyak 9.459 peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) memilih Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, ini merupakan jalur ke empat proses penerimaan mahasiswa baru di UIN Ar-Raniry, diikuti oleh 56 PTKIN seluruh Indonesia.

Sebagaimana diketahui, tahun 2017 UIN Ar-Raniry menerima mahasiswa baru melalui lima jalur, tiga telah berlangsung yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), saat ini sedang berlangsung UM-PTKIN, dan yang terakhir disebut Penerimaan Mahasiswa Baru Lokal.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor UIN Ar-Raniry, Dr H Muhibbutthabry MAg didampingi Kabag Humas dan Kerja Sama, Drs Fuadi Zulkifli kepada Serambi kemarin. Ditambahkan Muhibbuthabry, tahun ini khusus melalui UM-PTKIN, peminat pada UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebanyak 9.459 calon mahasiswa untuk 28 prodi dibawah kementerian agama yang ada di UIN Ar-Raniry.

“ UM-PTKIN kali ini, UIN Ar-Raniry masuk peringkat enam dengan jumlah peminat 9.459, sementara peringkat pertama UIN Alauddin Makassar mencapai 11.612 peminat,” sebut Warek I UIN Ar-Raniry, serya menyebutkan peringkat selanjutnya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 10.637 peminat, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yakni 10.397 peminat.

“Ujian dilaksanakan satu hari, yakni pada Selasa 23 Mei 2017, pukul 07.30 WIB-12.15 WIB secara serentak di seluruh Indonesia,” ujar Fuadi Zulkifli.

Fuadi mengharapkan kepada peserta tes UM-PTKIN dapat melihat lokasi tes se-hari sebelum ujian berlangsung, agar pada hari-H dapat langsung ke ruang ujian, untuk itu kami pastikan nomor ujian peserta sudah ditempel pada ruang dan bangku masing-masing, peserta dapat melihat lokasi pada Senin, 22 Mei 2017.

Sementara itu, Kepala Akademik UIN Ar-Raniry, Fadhli MPd mengatakan, UIN Ar-Raniry juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur terakhir, yakni Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal, dibuka mulai 19 Mei 2017 sampai 21 Juli 2017 mendatang, peserta dapat mendaftar secara online melalui homepage pmb.ar-raniry.ac.id.

“Jalur PMB Lokal merupakan jalur penerimaan mahasiswa yang ke lima di UIN Ar-Raniry, bagi putra-putri Aceh yang belum lulus melalui empat jalur sebelumnya, dapat mendaftar melalui jalur ini, caranya dapat dilihat petunjuk yang ada pada website,” ujar Muhib.

Ditegaskan, bahwa PMB Lokal ini sama seperti jalur masuk UIN Ar-Raniry yang sebelumnya, artinya tidak ada perbedaan ruang dan biaya kuliah, setelah lulus semua akan mendapatkan fasilitas, ruang kuliah dan SPP sama seperti jalur-jalur lain yang dibuka di UIN Ar-Raniry.

Fadli, untuk mendaftar pada PMB Lokal, calon mahasiswa tinggal akses ke alamat pmb.ar-raniry.ac.id, klik link isi formulir pendaftaran, dan selanjutnya mengisi formulir dengan lengkap dan benar dan jangan lupa pastikan tersimpan.(rel/mis) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id