PT Reskarya Bangun Jembatan Kutablang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PT Reskarya Bangun Jembatan Kutablang

PT Reskarya Bangun Jembatan Kutablang
Foto PT Reskarya Bangun Jembatan Kutablang

* Dimulai Juni

* Anggaran Rp 37 Miliar

BANDA ACEH – Proyek pembangunan jembatan baru Krueng Tingkeum di Jalan Nasional Banda Aceh-Medan Km 234 Kutablang, Kabupaten Bireuen, akan dimulai Juni mendatang. Hal itu disampaikan PPK Kasatker Jalan Nasional PU Aceh, Amri, Sabtu (20/5).

“Proses tendernya sudah selesai. Pemenangnya kontraktor lokal yaitu PT Reskarya dengan nilai kontrak kerja 37 miliar rupiah,” kata Amri kepada Wakil Ketua I DPRA, Drs H Sulaiman Abda MSi saat meninjau kondisi jembatan tersebut Sabtu lalu.

Sulaiman Abda mengatakan, kunjungannya ke Jembatan Krueng Tingkeum untuk memantau pekerjaan pembersihan jembatan lama, dan melihat kondisi ruas jalan alternatif. Pembersihan jembatan lama belum selesai, terutama tiang pancang yang miring dihantam kayu saat banjir bandang beberapa bulan lalu.

Terkait tiang pancang di bagian tengah jembatan atau sungai, menurut penjelasan PPK Kasarket Jalan Nasional PU Aceh, Amri, pembersihan tiang pancang tengah jembatan lama tidak mengganggu pembangunan jembatan baru.

Sebab, pembangunan jembatan baru akan dimulai di masing-masing ujung jembatan. Selain itu, jembatan rangka baja yang baru tidak menggunakan tiang pancang di tengah sungai, tapi pada tepi masng-masing ujung jembatan.

Sementara terkait arus lalu lintas di jalur alternatif, terutama jalur alternatif utara untuk kendaraan dari barat ke timur, menurut Sulaiman Abda, sampai saat ini masih normal, meskipun sering terjadi kemacetan akibat badan jalan bergelombang yang membuat kendaraan tersangkut dan terperosok.

Menurut Amri, ruas jalan alternatif utara tersebut kondisi badan jalannya masih berstatus pengerasan. Perlu dijaga agar tidak rusak dan berlubang. Di beberapa tempat, badan jalannya sudah banyak berlubang. Pada Sabtu malam ada truk terbalik sehingga menyebabkan kemacetan selama 6 jam.

Sementara itu, Sekcam Kutablang, Mukhsin mengatakan, jalur alternatif utara Krueng Tingkeum, Minggu (21/5), macet lagi akibat satu truk tronton terperosok di kawasan Desa Mon Keulayu, Gandapura, Bireuen. Akibatnya, puluhan kendaraan dari arah Banda Aceh tujuan Medan tersangkut di ruas jalan tersebut mencapai 4 kilometer lebih. Kemacetan terjadi sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Kepada rekanan yang memenangkan tender proyek pembangunan Jembatan Krueng Tingkeum yang baru, Sulaiman Abda mengharapkan dapat memulai pekerjaannya tepat waktu. Sebab menurut PPK, pembangunan jembatan itu ditargetkan selesai enam bulan, atau pada akhir 2017.

“Tapi jika pelaksanaan pekerjaan kontruksinya lamban, target penyelesaian pembangunan jembatannya bisa molor sampai Februari 2018. Karena itu kami mengharapkan rekanan dapat bekerja tepat waktu agar jembatan tersebut juga selesai sesuai target,” pinta Sulaiman Abda.(her/yus) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id