PAW Misdar Tunggu Kasasi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PAW Misdar Tunggu Kasasi

PAW Misdar Tunggu Kasasi
Foto PAW Misdar Tunggu Kasasi

MEUREUDU – Upaya Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap Misdar selaku anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Jaya dari Parti Bulan Bintang (PBB) harus menunggu putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap (incrach). Informasi ini disampaikan Kuasa hukum Misdar dari Mukhlis Muktar & Patner, Ruli Riski SH kepada Serambi, Minggu (21/5).

Dikatakan, upaya PAW anggota DPRK Pijay dari PBB terhadap Misdar tidak bisa ditindaklanjuti karena kliennya mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. “Selaku pihak yang merasa dirugikan dari proses ini, saudara Misdar telah menempuh upaya hukum terhadap putusan Pengadilan Negeri (PN) Sigli yaitu mengajukan permohonan kasasi ke Mahkamah Agung Republik Indonesia dengan register No:03/Pdt.G/2017/PN Sgi pada tanggal 11 April 2017 melalui PN Sigli,”sebutnya.

Selaku kuasa hukum Misdar, kata Ruli Riski, pihaknya juga telah menyampaikan hal ini kepada Pimpinan DPRK Pidie Jaya dalam bentuk surat No:10/MSP/IV/2017 yang tembusannya kepada Ketua Umum DPC PBB Pidie Jaya, Bupati Pidie Jaya, dan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pijay untuk tidak memproses PAW tersebut karena perkara ini masih dalam proses hukum yang belum berkekuatan hukum tetap.

Menurut Ruli Riski, harus diketahui bahwa urusan PAW ini adalah kewenangan partai politik terhadap kadernya, namun jika adanya upaya hukum, semua pihak harus menaati, menghormati, dan menjunjung tinggi hukum.

“Dalam hal anggota partai politik diberhentikan oleh partai politiknya dan yang bersangkutan mengajukan keberatan melalui pengadilan, pemberhentiannya sah setelah adanya putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap,” kata dia.

Maka oleh karena itulah, DPRK, KIP, dan Bupati Pijay tidak bisa menindaklanjuti proses PAW terhadap Misdar yang diusulkan oleh DPC PBB Pijay mengingat persoalan ini masih dalam proses hukum dan belum memperoleh kekuatan hukum tetap. “Jika hukum tidak dihormati maka sama halnya dengan mencederai peraturan perundang-undangan yang berlaku di negeri ini,” jelasnya.

Selanjutnya KIP Pijay, kata dia, sebagai lembaga penyelenggara pemilu disaat menyerahkan berkas PAW ke DPRK seharusnya menyampaikan kepada pimpinan DPRK bahwa Misdar sedang menempuh upaya hukum.

Sebelumnya, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya (Pijay) mengirim berkas Pergantian Antar Waktu (PAW) Misdar ke Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK), Selasa (16/5). Misdar akan digantikan oleh Azwar Aswah.

Ketua KIP Pijay Musman SH didampingi Kepala Divisi SDM, Firmansyah SSos kepada Serambi, Rabu (17/5) lalu mengatakan, pengiriman berkas verifikasi PAW dari Partai Bulan Bintang (PBB) dari Misdar ke Azwar Aswah ini atas dasar permintaan pimpinan DPRK Pijay. “PAW ini adalah anggota DPRK yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV asal Kecamatan Bandarbaru,” sebut Musman.

Dalam prosesi penyerarahan dokumen hasil verifikas PAW juga disertai kehadiran anggota KIP Pijay, Firmansyah, S.Sos, Cut Nur Azizah SE, Abdulah SH, dan Sekretaris KIP, Ruslan SSos. Berkas tersebut diterima oleh pelaksana tugas Sekretaris DPRK Drs Suwardi. Dalam SK Dewan Pimpinan Pusat PBB No SK.PP/487/2017 tentang PAW saudara Misdar anggota DPRK Pijay dengan saudara Azwar Aswah, diputuskan untuk menarik kedudukan/jabatan publik saudara Misdar dari keanggotaan DPRK Pijay. SK tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Umum PBB Prof Dr Yusril Ihza Mahendra bersama Sekjen Jurhum Lontong. “Sesuai mekanisme, pihak DPRK nantinya menyampaikan ke bupati dan selanjutnya diteruskan ke gubernur guna dikeluarkan SK PAW,” tuturnya.(c43) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id