Jangan Hanya Meraih Sukses, Tapi Juga Menjadi Pribadi yang Bernilai | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jangan Hanya Meraih Sukses, Tapi Juga Menjadi Pribadi yang Bernilai

Jangan Hanya Meraih Sukses, Tapi Juga Menjadi Pribadi yang Bernilai
Foto Jangan Hanya Meraih Sukses, Tapi Juga Menjadi Pribadi yang Bernilai

DIREKTUR Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Repulik Indoneisa Drs. Purwadi Sutanto, M.Si mengatakan pendidikan adalah fondasi yang kita perlukan untuk menyiapkan generasi unggul dalam menghadapi era persaingan yang semakin kompetitif di masa depan.

“ Pendidikan dikembangkan sejalan dengan pengembanganpotensi karakter siswa, mengaplikasikan sikap kerjasama, nasionalisme, dan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, jujur, peduli, berfkir kritis dan positif dan meningkatkan kematangan jiwa dan kestabilan emosi dalam rangka pembentukan sikap dan prilaku terpuji,” kata Purwadi pada pembukaan seleksi OSN Jenjang SMA Tingkat Provinsi Aceh, Selasa, 09/05/2017 di SMA Negeri 4, Banda Aceh.

Berangkat dari kondisi tersebut, kata Purwadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selalu berupaya meningkatkan mutu pendidikan dengan cara menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat, serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta didik melalui pelaksanaan Olimpiade Sains.

Menurut Purwadi, OSN tingkat Provinsi Aceh yang dimulaihari ini merupakan bagian dari rangkaian mekanisme seleksi menuju Olimpiade Sains Nasional dan Internasional. “Bidang studi yang dilombakan pada Olimpiade Sains tingkat SMA mencakup 9 (sembilan) bidang studi, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, piologhj Informatika/Komputer, Astronomi, Kebumian, Geografi, dan Ekonomi,”katanya

Tujuan rangkaian kegiatan Olimpiade Sains secara berjenjang tersebut adalah(1) Menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan pelajar/siswa SMA (2) Meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreativitas dan kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi; (3) Membina dan mengembangkan kesadaranilmiah untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi masa kini dan yang akan datang;

(4) Memperkokoh persatuan dankesatuan bangsa dalam pengembangan sains dan teknologi bagi generasi mudadalam menghadapi masa kini dan yang akan datang; (5) Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan siswa dalam mewujudkan pendidikan yangberkualitas.

Peran Dinas Pendidikan provinsi, pemerintah daerah, universitas, dan pihak-pihak lain selama ini dalam membantupelaksanaan Olimpiade Sains sangat bermanfaat dalam mewujudkan dunia pendidikanmenjadi semakin berkualitas.

Hal ini merupakan cerminan dari jawaban terhadap tantangan, persoalan, dan harapan seluruhmasyarakat dalam menyiapkan generasi yang lebih baik. Layanan pendidikan haruslah dapat menjangkau ke seluruh lapisanmasyarakat sesuai dengan prinsippendidikan untuk semua (Education for All). Kegiatan Olimpiade Sains Tingkat Provinsi selain menjadi ajang mempersiapkan diri mengikuti seleksi di tingkat nasional tahun 2017 di Kota Pekan Baru, Provinsi Riau.

Kompetisi ini juga menjadi ajang pembuktian bahwa siapa saja berhak menjadi yang terbaik di bidangnya masingmasing, tanpa melihat asal-usul, status sosial, ekonomi, dan ke wilayahan. Kompetisi ini juga sekaligus sebagai ajang untukmencari siswa terbaik yang nanti akan diikutsertakan dalam ajang olimpiade internasional.

Dia mengucapkan selamatberkompetisi kepada para siswa peserta Olimpiade Sains TingkatProvinsi. “ Tetaplah menjunjung tinggi nilai sportivitas dan integritas pribadi dalam upaya membuktikan diri sebagai yang terbaik dalambidang masing- masing. Jadilah pribadi yang bukan hanya berupaya meraih kesuksesan semata, tetapi jadilah pribadi sukses yang bernilai. Kesuksesan semata tidaklah berartiapabila nilai positif tidak tertanam dalam diri kita. Jadilah bernilai bagi diri sendiri, lingkungan, masyarakat, dan bangsa,” katanya. (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id